Tuesday, December 24, 2013

Sains dan Fotografi

Sains


Sains merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang alam, ada juga yang mengatakan bahwa sains adalah dasar dari segala ilmu, sedangkan fotografi merupakan suatu ilmu yang mempelajari bagaiman mengambil gambar yang baik dari objek yang ingin ditampilkan sehingga gambar yang dihasilkan atau yang ingin ditampilkan menjadi lebih menarik.

Apa Hubungan antara sains dan fotografi?
Jawabannya tentu saja sangat berkaitan, hal ini dikarenakan dalam menampilkan sebuah hasil penelitian, penemuan, ataukah uji coba serta karya di era moderen seperti sekarang ini, membutuhkan hasil yang bagus baik dalam proses laporan, tesis, skripsi, publikasi dan sebagainya, membutuhkan gambar. Gambar yang dimaksud disini bukan lagi gambar berupa coretan tangan seperti di masa lalu, seiring perkembangan jaman, terciptalah sebuah alat untuk membekukan sebua objek kedalam sebuah media kertas yaitu kamera.


Saintis (Seorang peneliti/penemu/calon penemu/Mahasiswa sains/ilmu sains), di dalam menghasilkan sebuah karya penemuan, uji coba dan penelitian sangat sering membuat laporan, baik berupa laporan biasa, skripsi, tesis dan lain sebagainya. Di dalam setiap laporan selalu ada foto yang berkaitan dengan laporan, objek atau selama aktivitas kita dalam melakukan pengamatan dan sebagainya. 

Masalah yang ada sekarang ini, semua laporan hasil yang di buat tidak dapat menampilkan gambar performa yang baik. Hal ini dikarenakan tekhnik dalam pengambilan objek tidak terlalu bagus sehingga apa yang ingin ditampilkan kurang pas, yang mengakibatkan laporan yang sangat bagus itu kehilanan aura luar biasa.

3 alasan sains perlu menguasai tehnik fotografi:
  1. Agar supaya apa yang ingin di tampilkan atau di tonjolkan pada obyek yang diteliti dapat di tangkap dengan baik sehingga mampu memperlihatkan hasil yang betul maksimal terhadap penelitian yang dilakukan
  2. Penelitian akan menjadi terlihat menarik dan spektakular di karenaka penampilan gambar yang bagus
  3. Orang akan senang melihat hasil yang terlihat dalam bentuk foto yang baik, detail, teliti serta field of view yang di tampilkan bagus di karenakan orang yang tidak melakukan penelitian biasa merasakan melakukan penelitian tersebut.
 Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa orang sains sangat di anjurkan untuk menguasai tehnik fotografi sehingga apa yang ingin ditampilkan lebih baik dan maksimal.