Tuesday, May 24, 2016

CORAL BLEACHING

Coral Bleaching

Apa itu Coral Bleaching???
Coral bleacing merupakan perubahan warna pada jaringan karang dari warna kecoklatan, kehijauan menjadi warna putih, sehingga di Indonesia disebut sebagai pemutihan karang. Coral bleaching atau pemutihan karang terjadi akibat hilangnya microalgae pada jaringan karang, dimana microalgae ini yang memberikan warna pada karang serta menyuplai makanan pada polip karang kurang lebih 97%. Microalgae ini merupakan simbion dari karang yang hidup didalam jaringan polip karang, microalgae ini dikenal dengan nama zooxanthellae.

Gambar. Proses Pemutihan Karang (Sumber; Buku How To Asses Coral Bleaching In Your Community)

Polip yang kehilangan Zooxanthellae tidak langsung mati secara langsung, Cuma akan kehilangan warna akibat zooxanthellae sudah tidak ada, dan ketika pemutihan ini berlangsung secara terus menerus maka dapat dipastikan polip karang akan mati.

Penyebab Terjadinya Coral Bleaching???
Penyebab terjadinya coral bleaching atau pemutihan karang disebabkan oleh beberapa faktor alam dan antropogenik, seperti :
1.    Suhu
2.    Badai
3.    Penyakit
4.    Sedimentasi
5.    Sianida
6.    Herbisida
7.    Logam berat
8.    Perubahan salinitas
 
Namun dari semua penyebab utama dari pemutihan karang secara massal yaitu meningkatnya suhu air laut. Karang dapat hidup dalam batas toleransi suhu berkisar dari 20 sampai 30 derajat selsius. Suhu kritis yang dapat menyebabkan karang memutih tergantung dari penyesuaian karang tersebut terhadap suhu air laut rata-rata daerah dimana ia hidup. Karang cenderung memutih apabila suhu meningkat tajam dalam waktu yang singkat atau suhu meningkat perlahan-lahan dalam jangka waktu yang panjang.

Tahapan Pemutihan
Proses terjadinya pemutihan:
  1. Meningkatnya suhu air laut secara derastis atau perlahan namun berkepanjangan
  2. Polip karang yang tadinya sehat mengalami setres
  3. Zooxanthellae yang hidup di dalam jaringan karang perlahan akan meninggalkan polip karang.
  4. Jika terjadi secara terus menerus maka akan terjadi pemutihan, tetapi karang masih hidup
  5. Jika terjadi secara berkepanjangan maka polip karang akan mati dan rangka kapur karang akan ditumbuhi algae
  6. Jika suhu yang mempengaruhi cepat stabil makan pemutihan karang bias kembali pulih, dimana zooxanthellae kembalikedalam jaringan hidup polip karang.
 Sumber:
  • Apistar D. and Naneng S. 2012. How To Asses Coral Bleaching in Your Community. Coastal Conservation and Education Foundation, Inc. Philiphines
  • Coral Watch. 2012. Video: Introduction to CoralReefs_Bahasa Indonesia.
  • Marshall P., And Heidi S. 2006. A Reef Manager’s Guide to Coral Bleaching. Great Barrier Reef Marine Park Authority, Townville. Australia
  • Paper. Pemutihan Karang: Suatu Ancaman bagi Terumbu Karang Indonesia