Monday, May 12, 2014

10 Biota Laut Berbahaya di Laut

Biota Laut

      Biota laut merupakan semua jenis makhluk hidup yag hidup dari permukaan air sampai dasar perairan bahkan dibawah dasar substrar di lautan, baik berupa tumbuhan maupun hewan. Secara umum biota laut dibagai secara umum menjadi 3 yaitu; plankton, nekton dan bentos. 
      Plankton merupakan biota laut yang pergerakannya di pengaruhi oleh arus baik berupa hewan maupun tumbuhan. Nekton merupakan biota laut yang pergerakannya tidak dipengaruhi oleh arus, dimana mampu bergerak bebas seperti pada hewan, contoh Ikan. sedangkan bentos merupakan biota laut yang hidupnya didasar perairan baik berupa hewan maupun tumbuhan.

Jenis biota laut berbahaya di Laut

1. Hiu (Shark)
       Hiu merupakan jenis ikan predator dan karnivora yang tergolong kedalam ikan bertulang rawan. Dimana ikan hiu memiliki gigi berbentuk segitiga yang menjorok kedalam sehingga mangsa tidak dapat lepas ketika tergigit, serta gigi hiu akan selalu tumbuh.
2. Barakuda (Baracuda)
       Barakuda merupakan ikan dari kelas Actinopterygii yang dikenal bertubuh menyeramkan dan bertubuh besar, tubuhnya panjang sampai enam kaki dan lear sampai satu kaki, serta memiliki tubuh yang diselimuti sisik yang halus. ikan barakuda memiliki gigi yang besar dan tajam, dimana ikan ini merupakan salah satu ikan predator serta sangat agresif apalgi disaat musim kawin dan bertelur.
3. Gurita Cincin biru (Blue Ringed Octopus)
      Gurita cincin biru merupakan salah satu jenis gurita yang sangat menarik untuk di amati. selain memiliki ukuran yang kecil  serta memiliki ciri khas memiliki bulatan-bulatan seperti cincin berwarna biru di sekujur tubuhnya, dimana akan memencarkan cahaya ketika merasa terancam untuk menakuti lawannya. Selain menakuti mangsanya gurita memiliki racun yang sangat mematikan yang mampu mematikan manusia dalam hidtungan detik. Racun pada gurita cincin biru menyebabkan kelumpuhan pada otot.
4. Kerang Batik (Marbled clone)
     Kerang batik ini merupakan pembunuh mangsa dengan racun. Konon satu tetes racunnya bisa membunuh lebih dari 20 manusia. Marbled Cone banyak hidup di lingkungan air garam hangat. Bentuknya yang indah jangan sampai menggodamu untuk mengambilnya, karena begitu terkena racun, kamu akan merasakan sakit yang luar biasa, menyusul pembengkakan, kesemutan, mati rasa, kelumpuhan otot, kegagalan bernafas dan game over. Hingga sekarang belum ditemukan penangkal racun jenis siput ini.
5. Ular Laut (Sea Snake)
       Ular laut terdiri dari banyak jenis dan kesemuanya merupakan ular yang memiliki racun yang sangat kuat. Bisa ular laut sangat kuat karena memiliki kekuatan 30 kali bisa ular Cobra (bahkan ada ular laut yang kekuatan bisanya mencapai 700 kali ular Cobra) dan mengandung bisa yang lengkap seperti layaknya jenis-jenis ular elapidae. Meskipun memiliki racun sangat sangat kuat, ular laut jarang menggigit manusia dikarenakan mulutnya yang sangat kecil dibandingkan dengan jenis ular lainnya. Biasanya manusia akan tergigit ular laut di daerah ujung jari. Ular ini tidak dapat menggigit manusia di lengan, kaki, atau bagian tubuh lainnya karena mulutnya yang kecil tersebut. Meskipun demikian, ular laut tetap merupakan ancaman bagi para nelayan dan penyelam karena racunnya yang sangat kuat. Pada beberapa kasus gigitan ular laut pada seorang penyelam, penyelam yang berusaha memegang dan tergigit oleh ular laut dapat mengalami kegagalan fungsi jantung dan meninggal sebelum sempat mencapai permukaan air.
6. Ubur-ubur (Jelly fish)
       Ubur-ubur adalah sejenis binatang laut yang termasuk dalam kelas Scyphozoa. Tubuhnya berbentuk payung berumbai, dapat membuat gatal pada kulit bila tersentuh. Rongga pada tubuh kelompok ubur-ubur disebut gastrovaskuler. Ubur-ubur toksiknya ada yang menyebabkan gatal hingga menyebabkan kematian dalam hitungan detik. Racun yang paling ganas dapat menyebabkan rasa sakit yang menyerang saraf sehingga mengakibatkan shock pada tubuh, yang mengakibatkan kematian. Bahkan ada racun yang menyerang jantung sehingga menyebabkan jantung berhenti berdetak sehingga darah tidak dapat beredar yang secazra langsung secara klinis manusia sudah terhitung meninggal.
7. Lepu batu (Stonefish)
      Lepu batu merupakan ikan bertulang keras yang memiliki kemampuan berkamuflase yang sangat mirip dengan bebatuan yang ada didasar perairan laut. Ikan ini memiliki duri pada punggungnya yang sangat beracun, ketika terinjak mengakibatkan rasa sakit yang sangat keras bahkan ada yang menyebabkan kelumpuhan.
8. Ikan pari (Rayfish)
       Ikan pari merupakan ikan dari golongan ikan bertulang rawan yang memiliki duri beracun yang terletak pada ekornya. Racun ini ada yang menyebabkan rasa sakit yang sangat amat bahkan ada yang menyebakan kematian dalam hitungan menit. letak duri racunnya ada yang berada pada ujung ekor, tengah ekor bahkan ada yang berada pada pangkal ekor tergantung pada spesies ikan parinya. ikan pari yang paling berbahaya adalah pari manta.
9. Bulu Babi (sea urchin)
       Bulu babi merupakan biota laut yang masuk kedalam kelas echinodermata yang memiliki ciri berbentuk bulat serta memiliki duri disekujur tubuhnya. Bulu babi memiliki racun berupa protein. duri pada bulu babi ketika terinjak mengakibatkan rasa sakit atau nyeri pada bekas tusukan bulu babi tersebut.
10. Karang Api (fire coral)
     Karang api sebenarnya memiliki tentakel penyengat yang mirip dengan ubur-ubur. Karang tersebut berbentuk bercabang-cabang berwarna coklat hingga oranye. Kadang-kadang kita dapat melihat tentakel-tentakel keluar dari permukaan karang api. Jika terkena karang tersebut, kulit akan terasa terbakar dan melepuh. Karang api kadang-kadang membentuk koloni dengan luas beberapa meter persegi, oleh sebab itu, berhati-hatilah ketika melakukan kegiatan di dalam air.